Wah! Luas IKN Bakal 4 Kali Lipat dari DKI Jakarta

Wah! Luas IKN Bakal 4 Kali Lipat dari DKI Jakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus meningkatkan konektivitas ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, salah satunya dengan melakukan percepatan pembangunan Jalan Tol menuju ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN. (Dok. Kementerian PUPR)

Pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur ditargetkan terus belanjut hingga jangka panjang, yakni 2045.

Dengan rencana ini, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono menuturkan luas wilayah IKN akan mencapai empat kali lebih luas DKI Jakarta, yaitu hingga 256 ribu hektare (ha).

“Kami harapkan pada 2045 nanti suatu https://gameskas138.shop/ ekosistem yang lebih lengkap dari ekosistem Nusantara yang luasnya 4 kali lipat dari luas Jakarta akan terlaksana,” katanya di DPR RI, dikutip Rabu (19/9/2023).

Adapun, dia memperkirakan butuh waktu antara 15 tahun hingga 20 tahun agar ibu kota baru Indonesia bisa mencapai tahap kematangan. Dia mengatakan perkiraan itu merujuk pada pemindahan ibu kota di negara lainnya.

“Membangun Ibu Kota itu butuh waktu 15 sampai 20 tahun hingga mencapai maturity,” kata Bambang.

Bambang mencontohkan pembangunan ibu kota Amerika Serikat, Washington DC. Dia mengatakan Amerika Serikat membutuhkan waktu sekitar 50 tahun sampai Washington DC mencapai tahap kematangan dan kemapanan.

Untuk rencana jangka pendek, Bambang menambahkan pihaknya menargetkan infrastruktur dasar IKN sudah bisa rampung tahun 2024. Dengan demikian, kata dia, rencana Presiden Joko Widodo untuk melaksanakan Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024 bisa dilaksanakan di ibu kota baru.

Dia menceritakan untuk mencapai target tersebut, di Kantor Otorita IKN dipasang jam yang menghitung mundur sampai tanggal 17 Agustus 2024. Waktu yang tersisa tentunya tidak sampai satu tahun lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*