Termasuk AS, Inilah Negara Asal Impor Kurma yang Kamu Makan

Pedagang kurma menata barang dagangannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Menjelang bulan Ramadan, permintaan buah kurma meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Harga kurma yang dijual bervariasi tergantung jenis dari Rp 30.000 hingga Rp. 300.000. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Menyantap kurma merupakan salah satu Sunnah berbuka puasa ini, begitu pula ketika sahur. Ia merupakan anjuran yang terkandung dalam hadits yang dikaitkan oleh Nabi Muhammad SAW yang mengajarkan untuk berbuka puasa dengan kurma matang sebelum berdoa.

Kurma dipercaya sebagai sumber serat, potasium, dan kalsium yang kaya, kurma tidak hanya enak, tetapi juga merupakan cadangan perbaikan nutrisi.

Menilik data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2022 impor kurma Indonesia mencapai angka 61,35 ribu ton dengan nilai sebesar US$ 86,26 juta.

Jika menilik impor berdasarkan wilayah, impor kurma Indonesia pada 2022 berasal dari 26 negara. Uniknya, Mesir bercokol di posisi pertama sebagai importir kurma terbesar Indonesia dengan nilainya mencapai US$ 30,50 juta.

Posisi selanjutnya diikuti oleh Negara Afrika bagian Utara yaitu Tunisia dan Uni Emirat Arab (UEA) dengan nilai masing-masing mencapai US$ 16,68 juga dan Us$ 14,39 juta pada tahun 2022.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*