Makin Panas Jelang Pilpres 2024, Siapa Pemenang Hasil Survei?

Makin Panas Jelang Pilpres 2024, Siapa Pemenang Hasil Survei?

Para Capres-Cawapres saling berjabat tangan usai debat keempat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Minggu, (21/1/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Pemilihan presiden (pilpres) 2024 segera diselenggarakan pada 14 Februari 2024 berpotensi cukup sengit. Alhasil putaran kedua dapat menjadi akhir dari Pilpres 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tiga pasangan calon (paslon) calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada gelaran Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Merujuk pada Undang-Undang (UU) Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, ada dua opsi pilihan pada pemungutan suara yakni menang dengan satu putaran atau dengan putaran kedua.

Aturan tersebut tertuang dalam pasal 416 yang berbunyi sebagai berikut:

(1) Pasangan Calon terpilih adalah Pasangan Calon yang memperoleh suara lebih dari 50% (lima puluh persen) dari jumlah suara dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan sedikitnya 20% (dua puluh persen) suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari 1/2 (setengah) jumlah provinsi di Indonesia.

(2) Dalam hal tidak ada Pasangan Calon terpilih sebagaimana dimaksud pada ayat (1), 2 (dua) Pasangan Calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua dipilih kembali oleh rakyat secara langsung dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

(4) Dalam hal perolehan suara terbanyak dengan jumlah yang sama diperoleh oleh 3 (tiga) Pasangan Calon atau lebih, penentuan peringkat pertama dan kedua dilakukan berdasarkan persebaran wilayah perolehan suara yang lebih luas secara berjenjang.

Pilpres 2024 Bakal 2 Putaran?

Dari enam survei yang telah dihimpun, dua diantaranya yakni Populi Center dan LSI Denny JA menunjukkan bahwa pasangan calon (paslon) nomor urut 2 (Prabowo-Gibran) unggul lebih dari 50% dibandingkan kedua paslon lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa ada potensi paslon nomor urut 2 menang dengan satu putaran namun tidak menutup kemungkinan juga putaran kedua berlangsung tahun ini.

Bagaimana Pilpres 2004, 2009, 2014, dan 2019?

Pada pilpres 2004 terdapat lima paslon yakni Amien Rais dan Siswono Yudo Husodo, Hamzah Haz dan Agum Gumelar, Megawati Soekarnoputri dan Ahmad Hasyim Muzadi, Susilo Bambang Yudhoyono dan Muhammad Jusuf Kalla, dan Wiranto dan Salahuddin Wahid.

Sementara pada pilpres 2009, terdapat tiga paslon yakni Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto, Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono, serta Muhammad Jusuf Kalla dan Wiranto.

Sedangkan pada pilpres 2014 dan 2019 hanya terdapat dua paslon sehingga hanya berlangsung satu putaran.

Pada 2014, paslon nomor urut 1 merupakan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, sedangkan paslon nomor urut 2 ditempati oleh Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Serupa dengan 2019, Joko Widodo kembali mengajukan diri sebagai capres bersama dengan Ma’ruf Amin bersaing dengan Prabowo Subianto dan Sandiaya Uno.

kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*