Bursa Israel Mulai Bangkit! Ini Daftar Saham Paling Raksasa

Bursa Israel Mulai Bangkit! Ini Daftar Saham Paling Raksasa

Ilustrasi bendera Israel (AFP via Getty Images/AHMAD GHARABLI)

Konflik antara Israel dan Hamas terus berlanjut, menyebabkan banyak korban di Palestina dan melahirkan aksi boikot terhadap produk Israel. Meskipun demikian, Israel juga dikenal sebagai negara yang memajukan inovasi teknologi dan keuangan.

Melansir Refinitiv, pasar modal Israel https://138kas.info/ mengalami volatilitas yang tinggi dengan naik turunnya indeks secara signifikan. Pada fase awal peperangan, Tel Aviv Stock Exchange (TASE) mengalami kejatuhan harga signifikan pada Senin (8/10/2023), setelah serangan pada hari sebelumnya.

 

Belakangan, bursa Israel tampak kembali bangkit seiring meredanya perang dan adanya rencana gencatan senjata. Israel dan Hamas sebelumnya dilaporkan setuju melakukan gencatan senjata sementara selama empat hari, dengan imbalan pertukaran sandera, sebagaimana dimediasi Qatar.

Namun sejumlah update muncul, di antaranya kemungkinan tertundanya realisasi gencatan senjata akibat sejumlah masalah yang belum rinci. Gaza sendiri saat ini masih memasuki waktu Kamis (23/11/2023) dini hari.

Sektor teknologi memainkan peran sentral dalam ekonomi Israel, menyumbang 18% dari Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut. Ini mencakup sekitar setengah dari total ekspornya dan memberikan kontribusi sebesar 30% terhadap pendapatan pajak, menjadikannya elemen penting dalam struktur ekonomi Israel.

Sejumlah perusahaan dalam sektor teknologi dan keuangan memimpin dalam daftar perusahaan terbesar di Israel berdasarkan kapitalisasi pasar. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Mobileye – US$ 33,45 Miliar (Rp 518,14 triliun)

Mobileye, perusahaan terkemuka Israel dalam hal kapitalisasi pasar, berfokus pada sektor teknologi otomotif. Terkenal karena inovasi dalam pengembangan teknologi kendaraan otonom dan keselamatan jalan, Mobileye, anak usaha Intel, mendominasi pasar dengan kapitalisasi pasar mencapai US$ 33,45 miliar atau sekitar Rp 518,14 triliun (dengan kurs US$ 1= Rp 15.490).

Check Point Software – US$ 16,65 Miliar (Rp 257,91 triliun)

Check Point Software, perusahaan Israel yang memimpin dalam keamanan perangkat lunak IT, menciptakan solusi untuk melindungi sistem dan data dari ancaman siber. Dengan kapitalisasi pasar sekitar US$ 16,65 miliar atau sekitar Rp 257,91 triliun, perusahaan ini mencerminkan pertumbuhan signifikan dalam keamanan siber global.

NICE – US$ 12,31 Miliar (Rp 190,68 triliun)

NICE, perusahaan perangkat lunak yang mengkhususkan diri dalam solusi komunikasi dan manajemen hubungan konsumen, menyajikan perangkat lunak untuk merekam, menganalisis, dan mengoptimalkan interaksi pelanggan. Kapitalisasi pasar NICE mencapai US$ 12,31 miliar atau sekitar Rp 190,68 triliun.

Bank Leumi – US$ 11,09 Miliar (Rp 171,78 triliun)

Bank Leumi, salah satu bank terbesar di Israel, memainkan peran kunci dalam industri perbankan negara ini. Dengan kapitalisasi pasar sebesar US$ 11,09 miliar atau sekitar Rp 171,78 triliun, mereka menyediakan berbagai layanan keuangan mulai dari perbankan ritel hingga perbankan korporat.

Bank Hapoalim – US$ 10,82 Miliar (Rp 167,6 triliun)

Bank Hapoalim, salah satu bank terkemuka di Israel, menawarkan beragam layanan keuangan kepada nasabah ritel, korporasi, dan institusi. Dengan kapitalisasi pasar mencapai US$ 10,82 miliar atau sekitar Rp 167,6 triliun, Bank Hapoalim memegang peranan penting sebagai institusi keuangan yang kuat di Israel.

Teva Pharmaceutical Industries – US $10,14 Miliar (Rp 157,07 triliun)

Teva Pharmaceutical Industries, perusahaan farmasi multinasional terbesar di Israel, adalah pemain utama dalam industri farmasi global. Dengan kapitalisasi pasar sekitar US$ 10,14 miliar atau sekitar Rp 157,07 triliun, Teva fokus pada produksi dan distribusi obat-obatan generik dan spesialis.

Mizrahi-Tefavot – US$ 9,15 Miliar (Rp 141,73 triliun)

Bank Mizrahi-Tefavot, salah satu bank terbesar ketiga di Israel, memiliki kapitalisasi pasar besar. Dengan sekitar 140 cabang, bank ini menyediakan layanan kartu kredit dan KPR terkemuka di Israel. Kapitalisasi pasar Bank Mizrahi-Tefavot mencapai US$ 9,15 miliar.

Elbit Systems – US$ 8,82 Miliar (Rp 136,62 triliun)

Elbit Systems Ltd, produsen pertahanan elektronik dan integrator dari Israel, menawarkan berbagai produk dan sistem untuk kebutuhan militer. Dengan kapitalisasi pasar sekitar US$ 8,82 miliar atau sekitar Rp 136,62 triliun, perusahaan ini terlibat dalam pengembangan sistem pertahanan canggih.

Monday.com – US$ 8,19 Miliar (Rp 126,86 triliun)

Monday.com, startup Israel yang menciptakan platform manajemen proyek online, membantu organisasi mengelola workflow proyek dan pekerjaan. Dengan kapitalisasi pasar mencapai US$ 8,19 miliar atau sekitar Rp 126,86 triliun, perusahaan ini memungkinkan adaptasi sesuai kebutuhan bisnis.

Israel Chemical – US$ 6,55 Miliar (Rp 101,46 triliun)

Israel Chemical Group Ltd. (ICL), perusahaan manufaktur multinasional Israel, mengkhususkan diri dalam pengembangan pupuk, logam, dan produk khusus lainnya. Dengan kapitalisasi pasar sekitar US$ 6,55 miliar atau sekitar Rp 101,46 triliun, ICL melayani sektor pertanian, makanan, dan rekayasa.

 

Meskipun tengah terlibat dalam konflik, Israel terus menunjukkan pertumbuhan dan inovasi dalam sektor teknologi dan keuangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*