Ada Gerakan Boikot Israel, Saham Perusahaan Rontok Berjamaah

Ada Gerakan Boikot Israel, Saham Perusahaan Rontok Berjamaah

A worker puts away patio furniture at a Starbucks Corp drive-through location closes down this afternoon for anti-bias training as the coffee chain closed all 8,000 of their company-owned cafes in the U.S. including this location in Oceanside, California, U,S. May 29, 2018.    REUTERS/Mike Blake

Gerakan Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) atas produk-produk yang terafiliasi dengan Israel semakin masif. Aksi ini pun berdampak pada harga saham perusahaan yang terafiliasi tersebut.

Melansir bdnaash, https://rtpkas138.skin/ ada beberapa saham yang tercatat memiliki afilisasi dengan Israel. Saham-saham tersebut di antaranya Starbucks sebagai retailer PT MAP Boga Adiperkasa Tbk. (MAPB), KFC sebagai bagian dari PT Fast Food Indonesia Tbk, PT Unilever Indonesia Tbk, Nestle Pure Life dari PT Akasha Wira International Tbk, Apple yang didistribusikan oleh PT Erajaya Swasembada Tbk, dan produk-produk teknologi hardware dan software yang didistribusikan PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL).

 

Emiten jaringan ritel PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI), yang melalui anak usahanya MAPB mengelola brand kopi ternama Starbucks Indonesia. Brand kopi terbesar di dunia asal Amerika Serikat (AS) itu disebut-sebut mendukung Israel.

Selain saham Starbucks anjlok di AS, sejumlah outlet Starbucks kini sepi pengunjung di dua titik ibu kota dan kota penyangga. Persoalan ini sejalan dengan koreksi saham MAPB dalam satu bulan terakhir tercatat telah turun 0,51%.

Selain Starbucks, restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) juga turut kena imbasnya. Di Indonesia, KFC dinaungi oleh PT Fast Food Indonesia Tbk. (FAST). Saham FAST tercatat telah terkoreksi 1,3% sepanjang satu bulan terakhir.

Selanjutnya, produk-produk Unilever juga masuk daftar gerakan BDS. Unilever pun termasuk dalam daftar perusahaan yang berafiliasi dengan Israel.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR) menaungi segudang merk consumer goods ternama seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Wall’s, Bango, Royco, Sariwangi, dan masih banyak lagi.

Saham UNVR pun ikut terdampak. Tercatat, UNVR telah terkoreksi 11,53% dalam sepekan terakhir.

Saham ADES dengan produk air minum Nestle Pure Life juga tertekan 14,22% selama sebulan terakhir. Penurunan ini terjadi, meski kinerja laba bersih ADES kuartal-III 2023 mengalami peningkatan signifikan menjadi Rp 107 miliar.

Adanya boikot produk afiliasi Israel ini dapat menekan penjualan air minum Nestle Pure Life. Hal ini memungkinkan adanya penurunan pendapatan pada kuartal-IV 2023 yang akan memutus tren positif dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, produk Apple juga termasuk dalam afiliasi Israel dalam catatan situs tersebut. Adanya boikot ini dapat menjatuhkan kinerja keuangan ERAA, mengingat perusahaan ini akan kehilangan sebagian pendapatannya.

Demikian pula dengan produk laptop Hewlett Packard (HP) yang didistribusikan oleh MTDL. produk hardware HP Israel menyediakan teknologi yang akan digunakan untuk tentara Israel (IDF).

Perlu diketahui, aksi BDS bertujuan untuk memberikan tekanan ekonomi kepada Israel agar memberikan hak setara kepada Palestina. Di Indonesia, gerakan ini semakin terdorong setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Palestina.

Dalam Fatwa ini tertuang bahwa mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina atas agresi Israel hukumnya wajib. Sebaliknya, mendukung Israel dan mendukung produk yang dukung Israel hukumnya haram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*